Cara Bikin Host di No-IP

Hi
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara bikin host di no-ip. Anda sebagai admin jaringan tentunya ingin dengan mudah melakukan monitoring maupun remote router anda walalupun sedang tidak berada di tempat. Namun hal ini bisa terkendala karena ip public ISP anda adalah dinamis. Ada beberapa opsi yang bisa anda lakukan yaitu

  1. Sewa IP Publik Statis
  2. IP Cloud Mikrotik (ROS V6)
  3. Via DDNS
Pada kali ini saya akan menggunakan opsi ke-3 yaitu dengan menggunakan service DDNS. Dan saya memilih untuk menggunakan service gratis dari No-IP. Sebelumnya mari kita bahas dulu apa itu ddns.
DDNS atau Dynamic Domain Name Server adalah mekanisme supaya suatu mesin mempunyai nama yang mudah diingat. Disamping itu sebenarnya fungsi utama DDNS adalah untuk mengatasi IP Address Publik yang selalu berubah.

Seperti kita ketahui, IP Address ada 2 lingkup. IP Address lokal dan IP Address Publik. IP Address lokal adalah IP Address yang range-nya sebagai berikut:

10.0.0.0 – 10.255.255.255

172.16.0.0 – 172.31.255.255

192.168.0.0 – 192.168.255.255

Disebut lokal karena secara fisik, semua peralatan jaringan yang terhubung berada di satu area, misal kantor. Sudah menjadi konvensi ke-3 range tersebut tidak akan ditemukan dilingkup internet.

IP Address Publik adalah IP Address yang digunakan oleh kita sebagai address untuk berkomunikasi dengan address lainnya di internet. IP Address ini kita dapatkan secara otomatis dari provider misal Indihome. IP Address ini ada yang statik dan dinamik tergantung dari paket yang kita ambil dan biasanya koneksi internet dengan IP Address publik statik biaya perbulannya sangat mahal.

Membuat akun
Pertama buka dulu website No-IP lalu pilih sign up

 
Lalu isi form yang tersedia dengan alamat email, username, password dan nama ddns sesuai selera (gambar hanya contoh)
Di bawah ini contoh apabila sudah berhasil melakukan pendaftaran di No-IP.
Jangan lupa juga untuk cek email anda untuk memverifikasi data-data yang sudah anda daftarkan ke No-IP. Selanjtnya saya akan bahas bagaimana cara remote mikrotik menggunakan no-ip.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply