Cara Dial PPPoE Mikrotik Menggunakan Radio DD-WRT

Hi,
Dalam kesempatan kali ini saya kan membahas bagaimana cara melakukan dial pppoe mikrotik menggunakan radio dengan firmware dd-wrt. Mungkin bagi teman-teman yang belum tau, firmware dd-wrt termasuk salah satu fw populer dikalangan opreker router indoor.

Saya pribadi sangat menyukai firmware yang satu ini karena kehandalannya dan irit kantong mestinya. Karena banyak router indoor yang bisa disulap menjadi outdoor CPE dengan firmware ini. Salah satunya yang akan saya bahas bagaimana dial ppp secret yang sudah kita sett sebelumnya seperti postingan saya yang terdahulu

Tutorial Hotspot Mode PPPoE

Setelah kita membuat ppp profile dan secret, selanjutnya kita langsung setting pada radio dd-wrt. Umumnya radio yang sudah terinstall fw ini ipnya adalah 192.168.1.1. Buka browser anda lalu ketikkan ip 192.168.1.1 lalu login dengan username dan password yang sudah anda sett sebelumnya, lalu buka menu status.

Setelah itu masuk submenu wireless lalu anda klik pada tombol site survey untuk melakukan scan SSID Akses Point yang akan terhubung dengan perangkat dd-wrt.

Dalam contoh ini saya ingin terhubung dengan SSID Mikrotik, setelahnya ketik tombol Join

Lalu akan muncul menu seperti di atas, Wireless mode kita pilih mode client, selebihnya biarkan secara default, lalu anda klik tombol save. Selanjutnya klik menu setup.

Selanjutnya pada menu connection type, pilih PPPoe. Lalu isikan username dan password sesuai dengan PPP secret yang sudah kita bikin sebelumnya. Selanjutnya biarkan semua secara default. Lalu pada opsi DHCP server anda bisa memilih enable atau disable dengan catatan sebagai berikut:

  1. Opsi enable, artinya manajemen ip ada di perangkat dd-wrt. Apabila anda menghubungkan perangkat dd-wrt dengan akses point, maka anda wajib disable dhcp server pada akses point.
  2. Opsi disable, artinya apabila anda ingin terhubung dengan internet, anda harus memasukkan ip secara manual dengan gateway ip perangkat dd-wrt. Dan apabila anda menyambungkan dengan sebuah akses point, pastikan ip akses point tersebut satu class dengan perangkat dd-wrt. Misalnya ip dd-wrt 192.168.1.1, maka pada akses point ipnya 192.168.1.2. Dan pada akses point opsi dhcp harus di hidupkan alias enable.

Pada akhirnya kita bisa cek apakah perangkat dd-wrt sudah terhubung dengan mikrotik atau tidak. Pada contoh kali ini saya sukses dial PPPoE mikrotik.

Apabila ada pertanyaan silahkan tinggalkan pesan pada komentar, akhir kata semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply