Cara Menghapus Adware Emboba.info

Hi,
Belakangan ini saya tidak menyadai bahwa salah satu browser yang saya gunakan (Chrome) ternyata terinfeksi oleh Adware Emboba.info. Adware itu sendiri adalah iklan produk atau penawaran layanan yang merupakan bagian dari sebuah situs atau aplikasi.

Script yang ditulis pada suatu halaman web memungkinkan adware untuk berjalan sendiri (autorun applications) yang akan muncul pada saat kita surfing di suatu situs tertentu atau sedang menjalankan aplikasi.

Biasanya adware sangat gampang untuk di nonaktifkan, tapi tidak dengan varian adware yang memiliki suatu teknik anti-removal dan ini biasanya sangat mengganggu.

Sebagian Adware tertanam didalam aplikasi-aplikasi gratisan, seperti MyWay Searchbar dengan fitur-fitur layanannya seperti SmileyCentral, Zwinky, dan WeatherBug.

Adware dan spyware dapat menempel pada komputer anda, terlebih lagi apabila anda melakukan browsing internet atau memiliki sistem operasi yang punya cukup banyak celah untuk dimasuki.

Anda akan melihat jendela peringatan (pop-up windows) yang berisikan iklan-iklan pada saat anda membuka halaman situs-situs tertentu (yang memasang adware pada script-nya).

Di kejadian lain, anda juga bisa terserang adware pada saat menjalankan aplikasi dari program-program yang terinstalasi di dalam komputer anda,

misalkan anda sedang bekerja dengan program-program kantoran seperti office atau anda sedang menjalankan program game tertentu.

Tentunya Hal ini sangat mengganggu bukan?, selain dari browser yang tiba-tiba terbuka sendiri dan menampilkan halaman iklan tertentu,

kadang juga bisa membuat kinerja komputer menjadi lambat. Bisa dilihat apabila Adware ini aktif, resource komputer anda bisa jadi makin tinggi.

setelah lama mencari cara menangani Adware Emboba ini, saya menemukan berbagai cara dari beberapa web luar negeri. Tetapi tidak satupun cara yang saya temukan berhasil. Biasanya Malware/Adware bersenbunyi di directory appdata .

Tapi setelah mencari berkali-kali, saya tidak menemukan satupun hal mencurigakan di folder tersebut.

Lalu saya juga mengecek apakah ada aplikasi mencurigakan yang tidak sengaja terinstall. Namun lagi-lagi saya menemui jalan buntu. Akhirnya saya pun mulai berpikir, ada yang aneh dari car munculnya adware ini yaitu munculnya selalu berkala.

Lalu saya ingat kalau windows memiliki Task scheduler sendiri. Menu ini bisa anda akses dengan mengetik taskschd.msc di menu Run.

Setelah menu Task Scheduler terbuka, klik di bagian Task Scheduler Library, lalu cek apakah ada jadwal mencurigakan ayng ada disitu dan ternyata ada!!!

seperti yang bisa anda lihat, ada jadwal aneh bernama jooringcommrtm. dan ketika saya melihat isi dari actionnya ternyata

benar dugaan saya. Jadwal ini otomatis di ulangi setiap 34 menit sekali dan mengarah ke situs jooring.com. dan tahukan anda apabila saya mengkases situs jooring.com? yap ada emboba.info disana!!.

akhirnya saya langsung menghapus Task tersebut. dan setelah saya menunggu dalam interval 30 menit, google chrome tidak pernah kumat memunculkan emboba.info.

Jadi apabila kawan-kawan menemui kendala seperti saya di atas, silahkan mengikuti cara yang saya temukan.

Saya tidak berani menjamin 100% cara ini bisa menghentikan Adware, tetapi sejauh ini tidak pernah kumat lagi di komputer saya. Akhir kata, semoga bermanfaat.

 

2 Comments

  1. ary October 17, 2017
    • Muhammad Ade Tri Saputra January 16, 2018

Leave a Reply