Cara Ping DD-WRT dari Mikrotik

Hi
Pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara ping DD-WRT dari mikrotik. sebelum itu saya akan jelaskan sedikit apa itu DD-WRT. DD-WRT adalah sebuah Firmware Open Source berbasis Linux yang diinstallkan pada Wireless Router. Firmware ini digunakan untuk menggantikan Firmware bawaan dari pabrikan.

 

DD-WRT ini memiliki keunggulan antara lain yaitu tentang banyaknya fitur yang ditawarkan, jadi sebuah Wireless Router tidak hanya terbatas dengan fungsi AP (Access Point), akan tetapi Dengan DD-WRT ini sendiri modenya memiliki fungsi yang lebih lengkap seperti Client, Repeater, Bridge, dan lain-lain.

Kegunaan DD-WRT ini sendiri bermacam-macam dan sangat bervariatif sekali dibandingkan fungsi dari Firmware bawaan pabrikan tapi. Selain dari sisi  mode yang lebih banyak DD-WRT pada beberapa device ada Mode Superchannel akan tetapi mode Superchannel ini sendiri harus melakukan aktivasi. Dengan Superchannel kita bisa mendapatkan frekwensi spesial yaitu frekwensi  2192 Mhz – 2732 Mhz namun kebijakan ini dimasing-masing negara memiliki regulasi yang berbeda-beda.

Saya mempunyai akses point Mikrotik RB433 + Minipci R52 + Omny Hyperlink 17db sudah bekerja dengan baik. lalu sekitar jarak 500 meter ada client ingin memasang penerima dan saya membuat ap TP-Link WR70N di modif outdoor dan flash firmware dd-wrt.

 

Sekarang yang jadi masalah adalah saya tidak bisa melakukan ping antara mikrotik dengan perangkat dd-wrt tersebut, sedangkan internet sudah berjalan dengan baik. setelah bertanya ke forum dd-wrt saya menemukan jawaban ternyata harus menggunakan metode ARP Ping.

Buka winbox, disini saya set perangkat dd-wrt ip sejajar dengan AP mikrotik yaitu 192.168.19.6. buka menu Tools lalu pilih Ping

Terakhir isikan dengan ip perangkat dd-wrt, interface wifi dan jangan lupa centang ARP Ping, lalu klik tombol start.

semoga bermanfaat

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of