[COMPLETE] Solusi Hotspot Mikrotik Tanpa Userman

Hi
Karena banyak kawan-kawan yang bingung bagaimana cara menerapkan beberapa artikel yang pernah saya tulis sebelumnya. Kebanyakan masalahnya classic, yaitu mencari masa aktif. Perlu saya tekankan sekali lagi, hotspot internal Mikrotik tidak sama dengan Hotspot radius menggunakan Userman.

Pada userman, sudah ada pilihan baik itu masa aktif, maupun kuota. Tapi Mikrotik dengan level 4 cuma bisa menampung 20 user login secara bersamaan. Maka dari itu kita memanfaatkan Hotspot internal Mikrotik sendiri yang tidak memiliki batasan User, namun perlu di sesuaikan dengan kemampuan Routerboard anda sendiri.

Awamnya, Hotspot internal tidak mengenal masa aktif. Karena pilihan yang ada cuma limit-uptime ataupun Total Bytes-Limit. Yang artinya Uptime user hotspot tidak di hitung berdasarkan pertama kali login, tetapi uptime di hitung dari berapa kali dia login sehingga Limit-Uptimenya tercapai.

Tentunya hal ini merugikan, karena bisa saja user yang semula di tetapkan cuma bisa login 1 hari, tetapi karena uptimenya belum tercapai, bisa saja user tersebut login lebih dari 1 hari. Maka dari itu kita memanfaatkan fitur system scheduler. Sehingga Mikrotik dapat menetapkan penjadwalan baik itu untuk mereset/kick, mendisable ataupun menghapus user yang sudah tercapai intervalnya.

Maka dari itu, saya akan menggabungkan beberapa artikel tersebut menjadi satu tutorial sehingga kawan-kawan bisa mengerti dan memahami dan tidak ada lagi timbul pertanyaan seperti yang sudah-sudah.

Membuat Profile Baru
Hal pertama yang kawan-kawan harus lakukan adalah membuat profile baru di Mikrotik. Karena saya anggap hotspot sudah di setting dan berjalan dengan baik. Pada contoh kita akan membuat profile harian, buka menu new terminal pada winbox lalu pastekan script di bawah ini.

/ip hotspot user profile
add name=Harian on-login=":local pengguna \$user;\r\
    \n:local date [/sys cl get date];\r\
    \n:local time [/sys cl get time];\r\
    \n:log warning \"\$pengguna telah login pada jam \$time\";\r\
    \n{\r\
    \n:if ([/sys sch find name=\$pengguna]=\"\") do={\r\
    \n/sys sch add name=\$pengguna interval=1d on-event=\"/ip h u rem [find name=\$pengguna] \\r\\n/ip h ac rem [find user=\$pengguna]\\r\\n/system sch rem [find name=\$pe\
    ngguna]\"\r\
    \n}\r\
    \n}" rate-limit=128k/3m

Script di atas akan otomatis membuat sebuah profile baru bernama Harian, dengan up/down sebesar 128k/3M. Script di atas juga sudah di lengkapi script On-Login dengan masa aktif 1 hari dan auto remove user yang sudah habis masa aktifnya.

 

Apabila kawan-kawan memilik pengaturan yang berbeda,silahkan sesuaikan nilai rate limitnya dan nilai interval pada script di atas. Contoh masa aktif mau di ganti menjadi 3 hari, rubah nilai interval menjadi 3D

Membuat User
Setelah User Profil beres, selanjutnya adalah membuat user. Saya akan menggunakan Tool M-Tik untuk bisa generate banyak user sekaligus. Perlu kawan-kawan ingat, pastikan service api Mikrotik anda aktif dan PC atau laptop sudah terinstal .Net Framework 4 untuk dapat menjalankan tool ini.

Setelah Tool M-Tik terbuka, pada contoh saya membuat 1 buah user dengan limit-uptime 5 menit dan masa aktif 1 hari.

Setelah di generate, saya akan mencoba login dengan user dan password yang sudah saya bikin dengan Tool. Lalu kita cek Log apakah script on-login bekerja atau tidak.

ini contoh user yang sudah saya buat.

Bisa kawan-kawan lihat gambar di bawah ini, script masa aktif on-login sukses di buat.

Lalu setelah masa aktifnya tercapai kita cek log apakah auto removenya berjalan.

Jadi dapat disimpulkan script dan Tool di atas berfungsi dengan baik. Sangat berguna untuk membantu kawan-kawan memanage user hotspot dengan fitur masa aktif dan fitur auto remove, sehingga anda tidak perlu pusing menghapus manual user tersebut satu persatu.

Semoga dengan penjelasan lengkap di atas dapat di pahami oleh kawan-kawan. Segala pertanyaan dan masukan silahkan disampaikan melalui komen atau e-mail. Akhir kata, semoga bermanfaat.

23
Leave a Reply

avatar
10 Comment threads
13 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
12 Comment authors
rojabRinal Arnandoalicia-network.comjunawanjomblo Recent comment authors
rojab
Guest
rojab

gan , punya saya kok gak bisa remove sendiri ya ?, pas waktu nya udah habis dia tidak bisa auto remove

Rinal Arnando
Guest
Rinal Arnando

Ijin request om, ad script seperti ini kah..?

( user voceran di kasih batas sampe jam 6 sore, setelah itu vocer Angus

Lalu beli beli lagi vocer nya dengan masa aktif sampai jam 5 pagi) jadi di limit pada waktu tersebut om, ane pake rb 941 hehe

junawan
Guest
junawan

Pak, tolong buatin sricb untuk vouncher 3 jam untuk masa aktif 3 hari, trims

jomblo
Guest

ijin bertanya script nya harian apa 24 jam, kalo harian kan hari besok ga bisa di pake, kalo 24 jam besok masih bisa di pake??

syane
Guest
syane

halo om. gmna agar bisa meng edit tampilan vouchernya ?
mohon petunjuk

ramdan
Guest
ramdan

maaf gan apakah script ini add name=Harian on-login=”:local pengguna \$user;\r\
tdk salah, soalnya sy coba tdk muncul usernamenya dan hasilnya tdk muncul juga schedulnya

mohon bantuannya

ReyBeth
Guest
ReyBeth

Mau nanya, itu di Vouher Generator kalo kita bikin paket 1 minggu misalnya, Uptime User ga usah dicentang ya..? coz udah pakai script. Jadi setelah 1 minggu akan otomatis disconnet kan…

chafid
Guest

jin bertanya kasus. paket waktu 30d kuota 9 gb speed 512k/1m bila kuota habis speed berkurang menjadi 512k/512k kuota unlimitid sampai watu habis 30d… kalo di userman bisa, bisa dibuat tanpa userman diatas? edisi ngempet rb750 userman

heri
Guest

coba gan klo bikin tutorial ini pake video di upload ke youtube tentu lebih mantap sekalin ada adsentnya juga pengujung lebih paham cara penjelasan sekaligus di praktekan

klo sudah buat tutorial ini ke youtube kasih tau saya link youtubenya ya ke sini : herigrosir@gmail.com

Yedi
Guest
Yedi

nice and clear (y)