Install Paket Multicast Di MikroTik

Hi
Pada artikel kali ini saya akan membahas tantang cara install paket multicast di MikroTik. Sebelumnya perlu anda ketahui┬áMulticast adalah metode pengiriman yang hampir sama dengan broadcast, dimana packet dikirimkan ke banyak tujuan sekaligus tetapi perbedaannya adalah tujuan dikelompokan berdasarkan grup – grup tertentu melalui alamat grupnya. Multicast menggunakan Internet Group Management Protocol (IGMP) untuk mengindentifikasi grup dan member grup.

Lalu apa tujuan kita melakukan instalasi paket multicast ini? salah satunya sekarang yang menjadi banyak pertanyaan kawan-kawan baik online maupun offline yaitu, bagaimana caranya agar UseeTV bisa di gunakan bersamaan dengan hotspot.

Ambil contoh kasus, semisal posisi modem Indihome berada pada titik A, lalu dari titik A dilakukan Point To Point dengan titik B. Pada titik B inilah STB dari indihome ingin di gunakan.

Ada beberapa metode yang bisa anda terapkan di sini dan sudah terbukti berhasil di jaringan saya. Di sini saya menggunakan metode PPPoE dan EoIP. Sebelum kita membahas bagaimana cara melewatkan UseeTV via dua metode tersebut, sebelumnya kita membutuhkan paket Multicast terinstall pada RouterBoard yang kita miliki.

Pertama Install Package tambahan Multicast sesuai dengan type routerboard anda. Pada contoh ini Routerboard saya bertype mmips. Silahkan sesuaikan dengan type anda sendiri. Filenya bisa anda dapatkan pada situs mikrotik.com

Setelah paket multicast terinstall dengan sempurna, gunakan salah satu ether kosong dari mikrotik sebagai input UseeTV dari modem indihome. Hubungkan port 4 modem indihome dengan salah satu ether yang kosong di mikrotik anda. Pada contoh di bawah ini saya menggunakan ether4 dari mikrotik yang saya beri nama IPTV-in.

Setelah modem indihome terhubung dengan mikrotik, langkah selanjutnya adalah membuat koneksi antara mikrotik dengan server UseeTV. Buatlah sebuah DHCP client dial yang mengarah ke ether input UseeTV dari modem.

Maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini, dan koneksi antara mikrotik dan server UseeTV sukses.

Sampai di sini dahulu pembahasan kali ini, artikel selanjutnya akan membahas cara mengkoneksikan STB dengan metode PPPoE dan EoIP. Semoga bermanfaat

 

Leave a Reply