Kiat Memulai Bisnis Hotspot

Hi,
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana kiat memulai bisnis hotspot untuk para pemula. Mungkin banyak dari kawan-kawan tertarik memulai bisnis ini terutama belakangan ini kebutuhan akan internet semakin besar. Ditambah lagi apabila mengandalkan kuota dari operator seluler, menurut saya sangat tidak ekonomis.

Hotspot adalah suatu istilah bagi sebuah area dimana orang atau user bisa mengakses jaringan internet, asalkan menggunakan PC, laptop atau perangkat lainnya dengan fitur yang ada WiFi (Wireless Fidelity) sehingga dapat mengakses internet tanpa media kabel.

Atau definisi Hotspot yang lain adalah area dimana seorang client dapat terhubung dengan internet secara wireless (nirkabel atau tanpa kabel) dari PC, Laptop, notebook ataupun gadget seperti Handphone dalam jangkauan radius kurang lebih beberapa ratus meteran tergantung dari kekuatan frekuensi atau signalnya.

Fungsi Hotspot yaitu dengan Hotspot kawan-kawan bisa melakukan koneksi internet seperti browsing, berkirim email, chatting transaksi bank, mendownload, sambil menunggu seseorang, hangout, maupun saat bertemu dengan rekan bisnisĀ  dan lain-lain.

Ditambah juga, jangkauan ISP nasional seperti Telkom dengan Indihome FTTH sudah merambah masuk ke daerah-daerah yang semula tidak terjangkau dengan internet. Ini bisa kawan-kawan manfaatkan untuk ikut membantu memasyarakatkan internet.

Menurut pengalaman saya, dengan dana minim pun kawan-kawan sudah bisa membuat usaha hotspot kecil-kecilan. Dan ada 3 faktor yang musti dipenuhi oleh kawan-kawan sebelum memulai bisnis ini.

Support atau dukungan teknis
Perlunya support saat terjadi gangguan atau trouble pada jaringan kawan-kawan sehingga client tidak dapat mengakses internet. Alangkah lebih baik lagi apabila anda sendiri sudah paham dan mengerti betul permasalahan jaringan internet sehingga bisa langsung turun tangan. Apabila anda tidak memiliki kemampuan dalam bidang ini, setidaknya anda bisa menyewa jasa teknisi yang tentunya selalu ready ketika diperlukan.

Jaringan Internet
Faktor yang kedua ini mutlak anda butuhkan. Saran saya gunakanlah ISP yang sudah terbukti stabil dan terjangkau di daerah anda.

Infrastruktur
Selanjutnya adalah menyediakan infrastruktur yang diperlukan. Dalam skala kecil yang anda butuhkan adalah router, kabel LAN dan radio pemancar/akses point.

Untuk kawan-kawan yang baru memulai saya akan memberikan beberapa alternatif alat-alat yang masih bisa dijangkau dengan dana yang minim.

Router
Router adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI.

Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).

Router yang populer digunakan adalah produk dari Mikrotik. Dalam contoh kali ini saya menggunakan RouterBoard 941-2nD-TC atau bisa juga menggunakan RouterBoard 931-2nD. Kedua varian ini terbilang cukup murah dengan harga kisaran Rp. 300.000,-.

 

Kabel LAN
kabel UTP atau kepanjangannya Unshielded twisted-pair adalah jenis kabel yang terbuat dari bahan penghantar tembaga, memiliki isolasi dari plastik dan terbungkus oleh bahan isolasi yang mampu melindungi dari api dan kerusakan fisik.

Kabel UTP terdiri dari empat pasang inti kabel yang saling berbelit yang masing-masing pasang memiliki kode warna berbeda. Kabel UTP tidak memiliki pelindung dari interferensi elektromagnetik, namun jenis kabel ini banyak digunakan karena harga yang relatif murah dan fungsinya yang memang sudah sesuai dengan standar yang diharapkan.

Gunakanlah Kabel dengan kualitas yang sudah teruji. Beberapa merk yang sering saya pakai adalah AMP, Belden, Vascolink, D-Link.

Radio Pemancar
Access Point adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote. Dengan access points (AP) clients wireless bisa dengan cepat dan mudah untuk terhubung kepada jaringan LAN kabel secara wireless.

Untuk kawan-kawan yang baru memulai, radio yang saya rekomendasikan adalah Bullet M2HP dan antena omni vezatech. Bahkan sampai sekarang pun saya masih mengandalkan radio ini untuk Hotspot karena kestabilannya.

Begitulah beberapa faktor vital yang dibutuhkan untuk memulai usaha Hotspot. Dari perhitungan di atas dana yang di perlukan kisaran di bawah 3 Juta Rupiah diluar biaya lain-lain seperti pembuatan tiang pipa atau tower hotspot. Namun saya tekankan untuk kawan-kawan, selalu patuh terhadap regulasi seperti Frekuensi beserta Transmit Power yang diperbolehkan.

Akhir kata, semoga bermanfaat.

One Response

  1. syane July 8, 2018

Leave a Reply