Melindungi Radio Hotspot Dari Tangan Usil

Hi
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana caranya melindungi radio hotspot dari tangan usil. Seperti yang kita ketahui, salah satu faktor usaha hotspot bisa maju adalah dengan koneksi yang stabil dan radio yang dalam kondisi prima. Namun tidak jarang juga kita jumpai ada saja tangan-tangan jahil yang mungkin iri, atau sekedar praktek ilmu namun dengan jaringan kita sebagai korban.

Tentunya hal ini akan berdampak negatif kepada pelanggan hotspot anda sendiri. Apalagi kasusnya adalah pelanggan rumahan yang menggunakan sistem point to point dari jaringan anda. Hal ini bisa berakibat buruk pada kualitas jaringan anda di mata pelanggan.

Sebenarnya hal paling mendasar dari melindungi radio adalah dengan menggunakan proteksi WPA/WPA2-PSK maupun WEP. Saya kira hampir semua radio sudah mendukung sistem proteksi ini. Anda pun bisa menggunakan metode ini untuk melindungi radio anda dari interaksi hal-hal yang tidak di inginkan.

Namun kali ini saya akan membahas penggunaan fitur dari MAC ACL. Fitur ini sendiri sudah tersedia di semua radio berbasis airOS atau sering kita kenal dengan Ubiquity. Tentunya nama Ubiquity sudah tidak asing di telinga para penguasa langit di tanah air.

Efek dari penggunaan MAC ACL ini adalah, mac yang tidak terdaftar tidak akan bisa terhubung bagaimanapun caranya ke radio hotspot anda, sehingga keamanannya bisa sangat terjamin. Sisi negatifnya adalah anda harus terlebih dahulu mendaftarkan mac radio baru yang ingin terhubung dengan jaringan anda sendiri.

Pada contoh kali ini saya akan menggunakan radio Bullet M2HP yang menjadi AP pusat dari client Point To Point yang saya miliki. Silahkan remote radio anda, lalu login. Pada menu wireless, centang MAC ACL dan pilih policy nya menjadi allow.

Dan di bawah ini contoh beberapa mac address yang saya izinkan untuk terkoneksi dengan radio pusat BM2HP.

Anda bisa memberikan comment atau catatan sebagai penanda bahwa mac tersebut milik client anda yang mana sehingga dapat memudahkan proses management jaringan. Tambahkan mac dan berikan comment lalu klik tombol add. Jangan lupa anda centang semua mac yang di berikan izin untuk terkoneksi dengan radio pusat.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply