Menangani Windows XP NTLDR is Missing

Hi
Mungkin kawan-kawan pernah mengalami laptop atau pc yang sudah terinstal dengan Windows XP tiba-tiba tidak bisa booting dah muncul pesan error Windows XP NTLDR is Missing. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya hal ini. Terkadang karena kesibukan sehari-hari kita terlupa dengan cara aman dan merawat sesuatu barang.

Contohnya karena anda buru-buru melakukan sesuatu anda terlupa untuk mematikan PC menggunakan shutdown, atau bisa juga terkadang listrik padam dan lain sebagainya.

Hal ini dapat menyebabkan file di dalam system windows menjadi rusak dan error. Apabila kejadian tersebut sering terjadi kemungkinan anda akan mengalami masalah “NTLDR file is missing, press ctrl+alt+del to restar” hal ini terjadi karena file NTDLR pada boot windows hilang atau rusak sehingga menjadi corrupt.

Kalau sudah terjadi masalah error seperti ini anda tidak dapat booting dan menjalankan windows XP.

Sebenarnya cara mengatasi error ini bisa dibilang cukup mudah. Tetapi bagi kawan-kawan yang awam mungkin dalam perihal windows dan sebagainya pasti akan mengalami sedikit kesulitan. Maka lewat artikel pendek ini, saya akan mencoba sedikit memberi panduan kepada anda, sehingga masalah ini bisa anda atasi tanpa perlu ke tempat jasa install ulang.

Langkah pertama yang harus kita siapkan adalah Media installer Windows XP. Langkah Kedua, Lakukan Boot dengan media instalasi yang sudah anda persiapkan, anda dapat menemukan booting melalui CD didalam BIOS mode, pilihlah CD sebagai boot order yang pertama. Jika sudah benar maka PC anda akan melakukan booting dengan CD.

Masuk kedalam Recovery Console, pilih “R” pada welcome screen, kemudian nanti layar screen akan berubah menjadi hitam dan nanti akan diberi pilihan instalasi mana yang akan di logon. Jika hanya 1 instalasi, tekan “1″ untuk meneruskan kemudian masukkan password “admin”. Jika tidak bisa, anda bisa langsung menekan tombol “enter” untuk meneruskan dikarenakan password default adalah blank atau kosong.

Pada Prompt C:/WINDOWS , ketik “Help” untuk menampilkan daftar perintah yang ingin kita gunakan. Kemudian check letak partisi CD anda (bisa D, E, F, G tergantung berapa banyak anda memiliki partisi). Sekarang saya akan memberikan partisi CD-ROOM anda adalah partisi “Z”

COPY Z:i386NTLDR C:
COPY Z:i386NTDETECT.COM C:

Setalah mengcopy file diatas anda dapat keluar dengan mengetik exit, atau bisa juga dengan ‘CTRl + ALT + DEL‘ maka PC anda akan melalakukan restart. Jika berhasil maka PC anda kembali normal untuk melakukan booting.
Semoga bermanfaat.

Leave a Reply