Mengatasi CCQ Drop Pada Akses Point

Hi,
pernahkah kawan-kawan selaku penggiat RT/RW Net menemui kendala yaitu CCQ yang drop sampai di bawah 90% pada akses point? Terutama kawan-kawan yang menggunakan produk dari Ubiquity.

Akibat dari dropnya ccq ini yaitu menurunya pula kualitas troughput yang di terima juga oleh perangkat client kawan-kawan. Sehinga kadang kita menjumpai latensi yang besar pada sisi radio penerima.

Ada beberapa penyebab kemungkinan penurunan ccq ini. Salah satunya yaitu interferensi atau yang paling sering menjadi penyebab adalah user yang terkoneksi dengan AP tapi dengan ccq yang rendah.

seperti pada contoh dibawah ini

Pada contoh saya menggunakan radio Bullet M2HP. Bisa kawan-kawan lihat ccq saya drop hingga menyentuh angka 81%. Bisa kita lihat penyebab pastinya yaitu ada 3 buah perangkat yang terhubung dengan akses point saya mempunyai ccq yang sangat jelek hingga 49%.

Tentunya ini juga berpengaruh terhadap penerima yang lain sehingga latensi menjadi bengkak. Menurut asumsi saya pada beberapa perangkat seperti Smartphone dan laptop yang coba terhubung di radio saya namun berada di lokasi yang agak jauh dari posisi AP.

Cara yang bisa kawan-kawan tempuh adalah dengan klik tombol kick ada mac address perangkat yang nilai ccqnya jelek. Namun cara ini kurang efektif karena musti tetap di pantau.

Cara lain yang menurut saya ampuh yaitu mensetting nilai Sensitivity Threshold. Apabila di sett, radio akan mengabaikan semua perangkat terkoneksi dengan sinyal tidak lebih rendah dari nilai yang sudah ditetapkan.

Lalu bagaimana menentukan nilai Sensitivity Threshold?  Kawan-kawan cukup cek di bagian main berapa nilai Noise Floor. Lalu berikan nilai 10dB lebih tinggi dari Noise Floor.

Semisal disini Noise FLoor = -87 dBm, Maka berikan Nilai lebih tinggi 10dB dari jumlah Noise Floor yaitu (-87+10) = -77dBm. Nilai inilah yang nantinya akan kita input di kolom Sensitivity Threshold.

Hasilnya bisa di lihat seperti di bawah ini.

Terakhir , kalau bisa radio untuk PTP sebaiknya di bedakan dengan radio untuk hotspot area, supaya bisa menjamin kualitas sinyal yang di terima oleh pelanggan anda.

akhir kata apabila ada koreksi silahkan kawan-kawan sampaikan dalam komentar. Semoga bermanfaat.

Update
Apabila anda menggunakan radio Mikrotik, cara settingnya adalah dengan mengaktifkan Adaptive Noise Immunity. lalu pilih opsi ap and client mode.

8 Comments

  1. caca July 23, 2018
    • alicia-network.com July 24, 2018
  2. Nur Effendi April 28, 2018
    • alicia-network.com April 30, 2018
  3. arya January 20, 2018
    • alicia-network.com January 20, 2018
      • ilham yusuf maulana June 3, 2018
        • alicia-network.com June 3, 2018

Leave a Reply