Mengatasi FUP Indihome

Hi
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara mengatasi FUP dari ISP pelat merah indihome. Seperti yang kita ketahui, Indihome sudah memberlakukan FUP bagi para penggunanya. Jadi FUP adalah singkatan dari Fair Usage Policy, terjemahannya adalah kebijakan penggunaan wajar.

Biasanya sebuah ISP itu memberlakukan kuota FUP pada layanan koneksi internet “unlimited” mereka, jadi walaupun namanya unlimited alias tanpa batas, tapi sebenarnya dibatasi juga yaitu dibatasi oleh kuota FUP.

Perhitungan FUP sendiri seperti yang saya kutip dari website resmi Indihome, yaitu terbagi menjadi 2 tahap. Pertama apabila penggunaan data sudah mencapai sekian giga, maka kecepatan internet turun sebesar 25% dari total seluruh kecepatan.

Tahap kedua sendiri berjarak 100Gbps dari tahap pertama. Apabila anda sudah mencapai tahap kedua, maka kecepatan di turun kan menjadi 40% unlimited hingga akhir bulan.

Bagi pelanggan rumahan, mungkin fup tidak akan terlalu menganggu. Namun bagaimana dengan warnet atau RT/RW net?. Tentunya FUP akan sangat menganggu. Rebutan koneksi akan terjadi sehingga latensi membengkak atau kadang sampai RTO. Lalu bagaimana cara mengatasinya.

Speed On Demand
Untuk menjawab hal ini, telkom beberapa waktu yang lalu meluncurkan layanan temporari atau yang di namakan Speed on Demand. Speed on Demand adalah layanan untuk meningkatkan kecepatan internet Anda secara temporer sesuai kebutuhan.

Paket yang ditawarkan bervariasi mulai dari kecepatan 20 Mbps hingga 100 Mbps, dengan masa berlaku 1, 3, atau 7 hari. Kecepatan internet Anda akan secara otomatis kembali seperti semula setelah masa berlaku layanan Speed on Demand berakhir.

Menurut saya ini adalah solusi yang sangat bagus. Mengingat layanan ini dapat meningkatkan secara temporer kecepatan internet sesuai yang kita pesan, dan tentunya unlimited. Sangat cocok untuk membantu karena biasanya warnet akhir bulan sudah terkena FUP.

Benefit:

  • Kemudahan upgrade speed sesuai kebutuhan secara temporer
  • Layanan SoD bersifat unlimited
  • Kemudahan cara bayar (prepaid)
  • Pelanggan dapat mengontrol tagihan sesuai kemampuan

Syarat Pelanggan:

  • Pelanggan Indiome fiber dengan speed minimal 10 Mbps
  • Pelanggan harus menginstal myIndiHome dan registrasi layanan IndiHome-nya
  • Memenuhi persyaratan administratif (tagihan tidak menunggak dan tidak isolir)

Cara mendapatkannya:

  • Aktivasi melalui web IndiHome atau mobile aplikasi myIndiHome yang tersedia pada Android dan IOS.

Untuk mengetahui informasi seputar Speed On Demand, anda bisa mengunjungi halaman resmi Indihome.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply