Mengatasi Hotspot Mikrotik DHCP Offering Lease Without Success

Hi,

Pada posting kali ini saya akan membahas sedikit mengenai DHCP Offering Lease Without Success. Hal ini sering sekali terjadi pada jaringan hotspot mikrotik. Akibatnya perangkat pelanggan yang terkoneksi dengan akses point tidak akan mendapat IP alias selalu mental sampai pada tahap offering. Untuk lebih jelasnya seperti pada gambar berikut.

Analisis Penyebab dan Solusi

DHCP error sering sekali terjadi ketika mati lampu, atau router mati tanpa di shutdown. Atau bisa juga bentrok antara dhcp mikrotik dengan dhcp perangkat penyebar wifi.

Solusi mengatasinya sebenarnya cukup mudah. Pertama yang perlu kawan-kawan lakukan adalah cukup melakukan reboot pada routerboard. Saya sendiri pernah mengalami dan ketika saya reboot, dhcp tidak error dan kebali normal.

Solusi lainnya ketika cara pertama tidak berhasil adalah, lakukan disable enable pada service dhcp di mikrotik. Kawan-kawan bisa temukan di menu IP – DHCP Server.

Setelah disable, selanjutnya hapus semua ip yang terdapat pada dhcp lease, kawan-kawan bisa temukan dalam menu Leases

Blok semua ip yang ada di dolom leases, lalu hapus. Silahkan lakukan enable pada servis DHCP server, saya yakin masalah dhcp offering akan terselesaikan. Akhir kata, semoga bermanfaat.

One Response

  1. Mas prisma November 6, 2017

Leave a Reply