Mengatasi Masalah Error Sharing Printer di Windows 7 (Error COde 0x000006d9)

Hi
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan solusi bagaimana mengatasi masalah error sharing printer di windows 7. Mungkin bagi anda yang merupakan admin jaringan di perkantoran misalnya, sharing printer antar ruangan sangat mutlak diperlukan untuk menunjang kegiatan.

Tapi ada kalanya kita menemukan error. Salah satunya seperti pada gambar di atas. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu kegiatan anda. Apalagi bila sedang sangat membutuhkan mesin pencetak ini. Maka pada artikel kali ini saya akan memandu anda untuk bisa mengatasi error tersebut.

Pertama kita harus mengetahui penyebab munculnya pesan error yaitu :

  1. Windows firewall dalam kondisi on
  2. Fitur Network Discovery and Printer Sharing dalam kondisi off

Cek Firewall
Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah mengecek service dari Windows Firewall. Silahkan anda mengikuti langkah-langkah yang sudah saya screenshoot di bawah ini. Pada start menu, pada kolom search ketikkan service.msc. klik kanan dan pilih opsi run as administrator.

Cari opsi windows firewall lalu klik kanan pilih properties.

Pada tab general pilih startup type. Klik disable lalu ok.

Sampai di sini, silahkan anda coba untuk mengaktifkan printer sharing kembali. Namun apabila masih terdapat error, sebaiknya anda check pada pengaturan Network discovery. Masuk ke control panel pilih tab network and sharing center.

Pada bagian kiri pilih change advance sharing setting.

Selanjutnya lakukan perubahan seperti pada gambar di bawah ini.

Apabila semua langkah sudah anda lakukan, silahkan anda coba kembali mengaktifkan Printer Sharing pada windows 7. Saya yakin semua error sudah pasti hilang dengan sendirinya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply