Mengatasi Netcut Pada Jaringan LAN

Hi
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana mengatasi netcut pada jaringan lan. Netcut merupakan tool yang dipakai untuk memutuskan koneksi internet user dalam sebuah area LAN/Hotspot. Jadi lebih tepatnya adalah mengalihkan/memutuskan aliran paket data antara user dengan gateway. Tool ini menggunakan ARP spoofing.

Bagaimana Netcut bekerja
Netcut menjadikan laptop/komputernya sebagai gateway. Yang memposisikan diri menjadi bebas mengatur siapa yang masuk dan siapa yang perlu ditendang keluar dan juga bekerja berdasarkan ARP Spoofing, sehingga dapat mengelabuhi mac address komputer satu dengan IP address komputer lain.

Dan pada contoh kali ini saya akan menjelaskan bagaimana menangkal software tersebut apabila di gunakan pada jaringan lan. Semisal warnet, perkantoran ataupun lab komputer. Di sini saya menggunakan Mikrotik sebagai penangkal. Silahkan kawan-kawan simak dan di implementasikan pada jaringan LAN anda sendiri.

Static Mac Untuk PC
Membuat Static mac merupakan cara ampuh dalam menangkal bukan saja netcut, tapi juga apabila ada user yang iseng mengganti ip komputer warnet anda, maka komputer tersebut tidak akan terkoneksi dengan internet kecuali ipnya di kembalikan seperti semula.

Buka Winbox lalu remote mikrotik anda. Setelah berhasil masuk ke mikrotik via winbox, klik menu ip lalu klik lagi menu ARP. Di sini anda akan menemukan semua ip dan mac yang sedang aktif berada pada jaringan anda.

Bisa kita lihat dalam contoh di atas, ada 3 komputer terhubung dalam jaringan LAN. Sekarang klik dua kali pada address pertama, lalu pilih pilihan Make Static.

Lakukan kembali pada address berikutnya hingga semua komputer yang terhubung dalam jaringan LAN anda sudah dibuat static seluruhnya.

Terakhir, buka menu interface, lalu sorot pada interface LAN anda. Klik dua kali lalu pada pilihan ARP, pilih opsi reply-only.

Lalu silahkan anda melakukan test menggunakan netcut atau mencoba mengganti ip address dari salah satu komputer. Saya yakin netcut tidak akan berfungsi dan internet tidak akan bisa terkoneksi apabila ipnya sudah di ganti.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply