Mudahnya Remote Mikrotik dengan RoMON

Hi

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana remote mikrotik dengan RoMON. Router Management Overlay Network (RoMON), adalah sebuah protokol yang hanya didukung oleh perangkat MikroTik saja. Ada beberapa kegunanaan yang ditawarkan oleh fitur ini diantaranya adalah:

  • Membuat koneksi layer2 yang aman (secure) ke perangkat MikroTik baik melalui koneksi �Physical� (ethernet)  maupun Layer2 Tunnel.
  • Discovery dan management perangkat-perangkat  MikroTik melalui Ping, SSH, Winbox (versi 3.0.rc.9).
  • Mampu melakukan discovery (pencarian) perangkat MikroTik yang mengaktifkan RoMON yang telah melewati multiple hops.

Komunikasi RoMON didasarkan pada parameter RoMON ID yang diambil dari MAC Address router. Perangkat-perangkat yang mengaktifkan RoMON akan membuat sebuah discovery dari MAC Address Peer dan juga data forwarding protocol secara independent.

Jadi apabila perangkat anda sebagian besar atau keseluruhan menggunakan MikroTik, fitur ini akan sangat membantu untuk melakukan remote ke suluruh perangkat mikrotik anda walaupun melewati beberapa hops.

Setting RoMON

Pada contoh kali ini saya akan mencoba RoMON pada perangkat milik salah satu sahabat saya, dengan beberapa perangkat Mikrotik seperti :
RB3011
BaseBox2
RBMetal2
RBMetal5

Pertama saya aktifkan dulu RoMON pada rb3011. Masuk ke menu Tools – RoMON.

Fitur RoMON terdapat pada menu Tools → RoMON. Untuk mengaktifkannya kita tinggal mencentang opsi ‘Enabled‘. Kemudian kita tentukan parameter ‘Secrets‘ pada RoMON Settings. Parameter ini berfungsi sebagai autentikasi untuk koneksi perangkat MikroTik yang terhubung. Sebagai contoh kali ini kita isi ‘Secrets‘ dengan bkl. Nantinya, semua perangkat yang terhubung di setting sama.

Apabila kita lihat pada RoMON Settings terdapat parameter ID. ID ini merupakan MAC Address dari router yang digunakan untuk komunikasi perangkat. Kita bisa menetukan parameter tersebut dengan MAC Address manapun yang terdapat pada interface router, namun jika kita tidak isi secara default akan menggunakan MAC Address router yang pertama yang dalam contoh ini adalah mac dari rb3011.

Hasil

Terlihat pada winbox terdapat RoMON Agent dan juga di tab RoMON Neighbors terdapat perangkat-perangkat MikroTik yang terkoneksi dengan RoMON. Apabila tanpa menggunakan RoMON ketika kita ingin melakukan remote perangkat yang berbeda network bahkan yang melewati beberapa hops maka tidak akan muncul di tab neighbors di winbox.

Untuk melakukan remote kita tinggal pilih salah satu perangkat pada list tersebut yang ingin kita manage dan klik pada tombol ‘Connect‘.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply