Solusi Mikrotik Hotspot Tanpa Userman

Warning
Karena banyaknya kawan-kawan yang gagal menggunakan script ini, saya sarankan kawan-kawan membaca sampai habis jangan setengah-setengah. Script yang saya bikin ini di input di On-Login User Profile Hotspot, bukan di System Script.

Hi,

Pada kesempatan kali ini saya akan coba memberikan tutorial, bagaimana membangun hotspot walaupun tanpa usermanager mikrotik.

Seperti yang kita ketahui, usermanager adalah salah satu api tool mikrotik yang bisa dengan mudah menghandle user hotspot seperti masa aktif, limit uptime dan lain-lain. tapi ada satu kekurangan dari Usermanager ini.

Karena kita biasanya membeli RouterBoard dengan lisens level4, tahukah anda bahwa RouterBoard dengan lisensi level4 hanya memperbolehkan 20 user aktif.

Tentunya suatu kerugian apabila anda memiliki banyak user. Solusi pertama yaitu dengan mengupgrade lisensi. Well, lisensi mahal bro !!

Solusi murah lainnya yaitu dengan cara create user via winbox langsung. Kelebihannya? Unlimited!!! User yang bisa aktif? Unlimited!!

Ok langsung saja, Pertama saya anggap hotspot anda sudah berfungsi sebagaimana mestinya dan tanpa radius server aktif. Lalu anda memerlukan aplikasi M-Tik

Setelah itu buatlah Profile Baru sesuai yang anda inginkan, pada contoh kali ini saya akan membuat Profil harian, mingguan dan bulanan. Apabila anda ingin membuat banyak voucher sekaligus, silahkan menggunakan Tool M-Tik

Profile harian

  • Speed U/D 128k/2M
  • Shared User 1

Profile Mingguan

  • Speed U/D 128k/2M
  • Shared User 1

Profile Bulanan

  • Speed U/D 128k/2M
  • Shared User 1

Selanjutnya bagaimana supaya agar user otomatis logout dan tiak bisa login lagi apabila masa aktifnya sudah habis? yang perlu anda lakukan adalah membuat script scheduler.

Script Harian

 

Script Mingguan

 

Script Bulanan

 

Script di atas berfungsi untuk meng-Kick  user yang masih dalam keadaan login dan otomatis terhapus apabila masa aktifnya sudah habis. namun apabila anda tidak ingin system menghapus, bisa menggunakan script ini

 

script ini berfungsi meng-kick user yang masih active dan otomatis memberikan limit uptime sebesar 1 detik, sehingga apabila user tersebut berusaha login kembali akan mendapatkan pesar error “Your Limit Uptime is reached“.

Dan apabila anda ingin mengaktifkan kembali, silahkan mengatur limit uptime user tersebut menjadi “0” atau melakukan reset counter khusus untuk user tersebut.

Script di atas harus anda input ke On-Login Script pada Menu Profile

 

Jangan Lupa menyesuaikan interval di script tersebut sesuai keinginan

d = day

h = hour

m = minute

Silahkan menerapkan di jaringan anda masing-masing apabila tertarik. Bila ada pertanyaan jangan sungkan komen di bawah.
Semoga Bermanfaat

47
Leave a Reply

avatar
19 Comment authors
alicia-network.comazwararipalexmuslih Recent comment authors
  Subscribe  
Notify of
azwar
Guest
azwar

gan numpang tanya, mikrotik saya Rb750g, jika pakai user misalnya nama ana, budi, saat login terjadi ERROR 400: CANT READ POST DATA itu karena apa ya gan. sebelumnya saya bagus aja, tapi sejak saya install usermanager terjadi gitu. dan usermanager udah saya hapus dan uninstall dan mikrotiknya udah saya reset. kemudian saya configurasi ulang dari terminal dan saya seting ulang hotspot mikrotik. jika saya buat nama user. tetap aja seperti ini ERROR 400: CANT READ POST DATA. gimana itu gan? mohon bantuannya gan

arip
Guest
arip

alicia-network.com
saya ingin bertanya om,saya uda paste script yang 1d saat client sebelum 1d(1h) logout dan kurang lebih 1jam kembali client login(sukses) tapi kenapa melewati 1menit user dan pass tersebut tidak bisa di pakai om(di posisi mikrotik user terhapus)
mohon di bimbing saya mas,dimana letak salah saya

alex
Guest
alex

mau tanya om kalau misalkan setelah dikick terus di redirect ke peringatan user expired gmn caranya om? terimakasih

muslih
Guest
muslih

numpang tanya om….klo sudah login gimn caranya bs otomatis setiap jam 7 pagi bs logout dan terhapus sendiri. terima kasih

Dickyn
Guest

User ini dihitung aktif setelah dibuat user atau setelah login pertama kali sampai uptime limit nya ? terima kasih

anton
Guest
anton

nggk bisa di donwload

Dickyn
Guest

User ini dihitung aktif setelah dibuat user atau setelah login pertama kali sampai uptime limit nya ? terima kasih

chafid
Guest

ijin bertanya gan,… untuk cara ini bisa dibuat seperti contoh kasus…
misal paket 1 bulan 9 gb, speed 512k/1m uptime 1w atau 30d bila kuota habis kecepatan turun 512k/512k, trimaksih

Trisno
Guest
Trisno

Juos .makasih gan … lancar scriptnya….

ichal
Guest
ichal

mas mau nanya scripnya tinggal di copy ya trusdi masukkan ke user profil

Arvan
Guest
Arvan

Makasih banyak tutorialnya Mas, akhirnya gak tergantung lagi ama userman yang sering bermasalah

Dede
Guest
Dede

mau tanya kok usernya ngk kedelete otomatis ya pake scrip harian apa gara2 routernya dimatiin… mohon bantuannya

Aznar
Guest
Aznar

Sama gan,, sya juga ada beberapa user yang tidak ke delete otomatis, padahal user profile sdh di masukan script tersebut..
Seteah ane perhatikan, jika user yang dibuat secara masal, (pakai kode “/ip hotspot user –>” di terminal, user tersebut mau hiang ketika habis masa aktif… tapi, untuk user yang dibuat manual (menambahkan 1 user pada lambang +),, ada user yang tidak mau ke-delete walaupun masa aktif lewat…
dalam scheduller terlihat waktu expired-nya, tapi setelah lewat,, terjadi penambahan masa aktif sendiri….
Apanya yang salah y gan? Mohon sharing ilmunya suhu…

JUL
Guest
JUL

selamat siang mas,, saya mau tanya,,kalo pengaturan user profile nya gmn?? saya mau bikin yg sperti di userman,,(misal yg di userman: saya setting 1 user uptime 12 jam, dan valid nya 24 jam,) krn saya coba bikin2,,kok saat si user ga aktifkan user,,usernya masih bisa konek,padahal sudah lewat 24 jam, mohon bantuannya.

nasirin
Guest
nasirin

numpang tanya pak.
saya ada hotspot menggunakan userman, setelah memasukkan user dan password bisa login, tapi setelah waktu dhcp habis tiba2 logout sendiri. apakah bisa setting hotspot tanpa dhcp atau agar user cuman skali login aja.

terima kasih

aan
Guest
aan

saya kok gak bisa konek mikrotik ya om?
pada voucher generator

FirstMia
Guest

I see you don’t monetize your blog, don’t waste your traffic, you can earn extra cash every month because you’ve got hi quality content.

If you want to know how to make extra $$$, search for: Mrdalekjd
methods for $$$

Mas prisma
Guest
Mas prisma

Ane ganteng