Tutorial Bridge Manual Modem Indihome

Hi Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tutorial bridge manual modem indihome. Seperti yang anda ketahui, modem GPON (ONT) Indihome tidak bisa di bridge untuk dial router terkecuali di set sendiri oleh teknisinya. Tentunya ini akan memakan waktu yang lama karena musti menunggu teknisi untuk setting bridge modem Indihome anda.

Lalu saya akan membagikan tips mudah untuk dapat setting bridge sendiri modem Indihome anda. Tentunya dengan mode bridge, kita dapat melakukan dial User dan Password Indihome di MikroTik. Keuntungan yang bisa kita peroleh yaitu, IP Public berarti ada di router MikroTik sehingga kita dapat dengan mudah melakukan remote router walaupun berada di luar jaringan.

Pertama anda harus mengetahui dulu informasi username dan password dari modem Indihome yang anda miliki. Apabila anda menggunakan ONT ZTE F609, anda bisa melihat artikel saya sebelumnya.

Cara Mengetahui Akun Indihome

Setelah itu silahkan anda login ke Modem Indihome anda dengan akses admin. Buka menu Network lalu klik pada menu Wan Connection. Pilih wan pppoe yang sudah di buat oleh pihak telkom. Lalu anda catat vlan idnya.

Setelah itu silahkan delete wan pppoe yang sudah di buat oleh telkom, otomatis koneksi internet akan terputus. Selanjutnya buatlah sebuah wan baru dengan type bridge, lalu masukkan vlan id yang sudah anda catat sebelumnya.

Selanjutnya klik menu port binding, lalu pilih wan bridge dan selanjutnya silahkan anda centang LAN mana yang akan di gunakan sebagai bridge. Pada contoh saya menggunakan LAN1.

Selanjutnya kita beralih ke MikroTik. Buatlah sebuah interface PPPoE Client baru. Isikan dengan informasi username dan password Indihome anda.

Lalu apabila semua sudah benar, seharusnya bisa terkoneksi dengan baik seperti gambar di bawah ini.

Jangan lupa untuk setting nat dengan out interface pppoe client dan juga ether 1 atau ether yang menjadi gateway supaya modem tetap bisa di remote dari jaringan lokal anda.  Untuk catatan, apabila modem mengalami restart, wan pppoe semula akan kembali ada karena sudah restore default dari telkom.

Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply